Penyebab Dan Cara Mengatasi Kesemutan Pada Kaki Dan Tangan

|| || || 1 komentar
Anda pernah kesemutan ?Saya yakin Anda pernah mengalaminya.Saya sendiri juga sering yang namanya mengalami kesemutan terutama pada bagian kaki sehabis saya jongkak lama.Oia kesemutan sendiri adalah suatu perasaan pada anggota tubuh berupa panas,sakit, nyeri,dan juga seperti digrayangi banyak semut.Tak heran banyak orang yang menyebutnya kesemeutan.Banyak hal yang menyebabkan kesemutan dari hal yang biasa sampai pada penyakit yang menyebabkannya.

Dalam bahasa kedokteran kesemutan disebut parestia.namun kita lebih akrab menyebutnya dengan kesemutan.Penyebab kesemutan yang sering terjadi yaitu pada kaki ketika kita selesai habis jongkok atau membengkokkan kaki terlalu lama.Hal ini dikarenakan aliran darah dalam kaki saat kaki terbebekuk menjadi sedikit terhambat sehingga menyebabkan gangguan syaraf tepi sementara pada kaki yaitu berupa kesemutan tadi.Untuk lebih mengetahui penyebab kesemutan berikut ulasan lengkapnya.

enyebab Dan Cara Mengatasi Kesemutan Pada Kaki Dan Tangan
image by disehat.com

Penyebab kaki dan tangan kesemutan

 Terjadinya kesemutan intinya adalah karena syaraf tepi pada bagian tubuh tertentu  mengalami gangguan  .Berikut beberapa faktor penyebabnya.

1.Terlalu lama duduk

Terlalu lama duduk ataupun juga berdiri mengakibatkn aliran darah dalam tubuh kurang lancar sehingga menyebabkan kesemutan

2.Mengalami posisi tidur yang salah

Posisi tidur yang salah biasanya juga menyebabkan kesemutan.Contohnya posisi tangan tertindih ,kaki membengkuk terlalu lama,dan juga posisi tertentu yang terlalu lama tidak berubah ubah sehingga aliran darah sedikit terhambat.Namun biasanya kesemutan akan hilang segera bebrapa menit setelah berubah atau berganti posisi.

3.Makanan.

Makanan yang kita makan juga berpotensi untuk mengakibatkan terjadinya kesemutan.Makanan tersebut biasanya mengandung zat racun yang mengendap dalam darah sehingga menghambat laju alliran darah kita.

4.Akibat bekas Cidera pada anggota bagian tubuh.

Cidera pada bagian tubuh tetentu juga dapat mengakibatkan kesemutan .Hal ini terjadi karena cidera menyebabkan gangguan pada syaraf ditulang belakang dimana syaraf tulang belakang menjadi pusat dari terjadinya gangguan kesemutan.

5.Kekuranagan vit.

Vitamin yang dapat menyebabkan kesemutan jika kita kutang konsumsiya yaitu vit B 12.

6.Akibat adanya suatu penyakit.

Banyak penyakit yang dapat menyebabkan kita menjadi kesemutan .Diantara penyakit tersebut yaitu, penyakit diabetes ( kencing manis ),gangguan sumsum tulang belakang akibat cidera,penyakit jantung,penyakit rematik,Struk,asam urat,dan juga penyakit Tetani.


Cara Mengatasi Kesemutan


Untuk menghindari atau mengatasi kesemutan sebenarnya kita sudah tau dengan kita mengetahui penyebabnya.Diantaranya

  • Jika kesemutan terjadi pada tangan atau kaki akibat tertekuk atau terlalu tegang dalam waktu yang cukup lama bisa di atasi kesemutannya yaitu dengan cara memijat mijat dengan lembut daerah yang terkena kesemutan.Hal ini dimaksudkan supaya tangan atau kaki tidak menjadi tegang dan aliran darah menjadi lancar sehingga kesemutan akan segera terhenti.

  • Jika penyebab kesemutannya karena kadar vitamin B12 yang rendah dalam tubuh,cara paling tepat yaitu dengan melengkapi konsumsi vit B12.Vit B12 bisa di beli di apotik apotik terdekat dalam bentuk suplemen.

  • Kurangi konsumsi alkohol.Jika kita suka mengkonsumsi alkohol dalam keseharian kita maka kita akn dengan mudah terkena penyakit kesemutan.Hal ini terjadi karena alkohol dapat mnyebebkan adanya defisiensi atau penurunan vit B dalm tubuh ( termasuk vit B12 yang berfungi dalam mencegah terjadinya kesemutan ) 

  • Jia penyebabnya karena penyakit tertentu maka hal yang pertama harus dilakukan yaitu dengan mengobati penyebab pemicu kesemutannya.Yaitu dengan mengobati penyakitnya .

  • Mandi air hangat diwaktu sore atau malam hari menjelang tidur bisa sedikit meregangkan otot otot yang tegang yang dapat menyebabkan kesemutam.

  • Cukupi kebutuhan air putih dalm tubuh.Konsumsilah minimal seperti yang banyak di anjurkan dokter yaitu 8 gelas perhari.Dengan begitu aliran darah akan menjadi lebih lancar,racun racun dalm tubuh akan ikut keluar bersam urine.

Itu semua tadi adalah bagioaman penyebab dan cara mengobati terjadinya kesemutan pada kaki dan juga di tangan kita.Semoga bermanfaat.Salam sehat......





/[ 1 komentar Untuk Artikel Penyebab Dan Cara Mengatasi Kesemutan Pada Kaki Dan Tangan]\
2016 said...

terimakasih sudah berbagi informasi seputar kesemutan, sangat bermanfaat sekali. Salam kenal dari tasikmalaya.

cara mengatasi kesemutan

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...