10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

|| || || Leave a komentar

 

Sebelum kita bahas mengenai Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan kita mesti tahu buah jeruk itu apa?Tapi menurut saya pasti kita semua sudah pada tau.

Jeruk atau limau merupakan tanaman berbunga anggota dari marga citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.
Sebutan buah jeruk kadang-kadang juga di artikan pada beberapa anggota marga lain yang masih  dalam suku yang sama, seperti buah  kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan kata jeruk atau limau di Sumatra dan Malaysia seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis". Di Jawa, "limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis".

Sudah tau kan sedikit tentang buah jeruk.Sekarang yang akn kita bahas adalah mengenai manfaat buah jeruk nipis.Dari sekian banyak jebnis jeruk,yang paling memberikan manfaat bagi kesehatan atau kecantika tubh adalh buah jeruk nipis.Ini terbukti dengan adanya ramuan ramuan warisan dari sang leluhur nenek moyang kita yang telah menurunkan berbagai macam resep obat untuk anak cucunya.

Dikutip dari majalah  magzforwomen Inilah manfaat dari jeruk nipis yang biasa kita temukan dalm kehidupan sehari hari.

 10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

    

1.KAYA AKAN KANDUNGAN VITAMIN C

Dengan mengkonsumsi jeruk nipis pada menu harian anda tidak perlu khawatir kekurangan vitamin c.Kandungan vitamin c pada jeruk minimal adalah 50 miligram per bijinya .Sementara kebutuhan vitamin c harian kita adalh untuk pria dewasa 90 miligram sedangkan untuk wanita adalah 75 miligram.Cara menkonsumsinya adalah yang paling mudah dengan membuat minuman sari jeruk nipis ditambah sedikit gula pasir untuk menetralisir rasa asamnya.

2.DAPAT MENCERAHKAN KULIT WAJAH

Untuk anda yang suka mengkonsumsi jeruk nipis bersiap siaplah untuk tampil lebih cantik karena kandungan vitamin c alami dari jeruk nipis dapat membantu mencerahkan kulit wajah.selain di konsumsi lewat meminum air perasan jeruk nipis,perasan jeruk yang langsung di oleskan di wajah juga bisa langsung di rasakan manfaatnya.Namun biasanya pengolesan air jeruk nipis di wajah secara langsung akan terasa agak sensitif,jadi untuk menguranginya bisa di tambahkan madu ataupun putih telur.

3.MENGHILANGKAN PENUAAN DINI


Bagi sebagian wanita penuaan dini mungkin sesuatu yang di takuti karena takut umur belum begitu tua namun sudah terlihat seperti orang yang lebih tua dari umurnya.Tapi jangan khawatir semua itu bisa di hindari dengan cara rajin rajinlah menkonsumsi jeruk terutama jeruk nipis.
Kandungan vitamin c yang tinggi mampu melawan racun racun dan zat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.kKonsumsilah secara teratur untuk memenuhi kebutuhan vit c harian anda.

4.MENURUNKAN BERAT BADAN

Ada beberapa studi tentang pengamat berat badan.Mereka merekomendasikan untuk mengawali hari dengan mengkonsumsi jeruk nipis dalam 1 gelas air minum.Kandungan vit c di tambah serat mampu membuat perut terasa kenyang walaupun belum makan sehingga mengurangi porsi makan kita.Ini cocok buat anda sekalian yang ingin diet mengurangi berat badan usahakan memulai aktifitas dengan meminum air jeruk nipis di awal hari anda.

5 MEMBERSIH RACUN DALAM TUBUH

Jeruk nipis yang di sajikan dalam keadaan  hangat bisa membantu untuk detoksifikasi dan membersihkan tubuh Anda dari racun yang berbahaya.detoksifikasi  Ini akan  membersihkan sistem di tubuh Anda, sehingga tubuh  Anda akan terasa lebih sehat dan segar.Usahakan untuk menkonsumsi setiap hari.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh


Kekebalan tubuh yang baik di tandai dengan adanya asupan nutrisi vitamin c yang cukup dalam asupan vitamin harian anda.Dalam jeruk nipis ini kandungan vitamin c sangat tinggi jadi tak ada salahnya mulai sekarang kita rajin mengkonsumsi vitamin c demi menjaga kekebalan tubuh kita.

7.SEBAGAI SUMBER MINERAL

Selain kaya akan kandungan vitamin c Jeruk nipis yang  manis juga  kaya dengan mineral yang memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor.semua kandungan mineral mineral tersebut mempunyai manfaat tersendiri dalam kesehatan  tubuh kita


8.MENYEMBUHKAN SEMBELIT

Sembelit sendiri merupakan sesuatu penyakit yang terjadi pada daerah perut atau usus.Dengan mengkonsumsi air peasan jeruk nipis di tambah air hangat akan mampu merangsang dan mengatur gerakan usus anda menjadi lebih baik sehingga sembelit yang di rasakan akan sirna.

9.MEMPERLANCAR SISTIM PENCERNAAN

Selain kandungan vitamin c Jeruk nipis mengandung flavonoid yang berguna untuk meningkatkan produksi , asam, empedu  dan cairan pencernaan lainnya. Semua itu sangatlah membantu bekerjanya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan flavonoid dapat menetralisir cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh.Hal ini tentunya akan berdampak bak pada sistem pencernann di tubuh anda.

10.BUAH RENDAH LEMAK ATAU KALORI

Jeruk nipis yang rasanya asam merupakan buah rendah kalori dimana elemen ini merupakan bahan yang baik untuk diet rendah lemak. Jika Anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh.So jangan ragu untuk konsumsi jeruk nipis jika anda dalam pengupayaan diet rendah lemak.


Untuk memaksimalkan manfaat jeruk nipis untuk tubuh tentunya harus di konsumsi secara rutin dalam asupan harian anda dan sesuatu yang anda harapkan dari manfaat jeruk nipis dapat dirasakan.



/[ 0 komentar Untuk Artikel 10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan]\

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...