Faktor Resiko Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner

|| || || Leave a komentar
Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. .Kasus jantung koroner bisa terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita.Namun dalam kenyataanya pria lebih mudah terkena jantung koroner dibandingkan dengan wanita.Pada wanita biasanya terjadi setelah masa monopause atau di atas umur 50 tahun.

Penyakit jantung koroner sendiri disebabkan karena adanya penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah yang menuju jantung,bahkan ada kasus sampai pembuluh darahnya mengeras dan ini tentu sangat berbahya sekali bagi penderitanya.Akibat dari terhambatnya laju darah yang mengalir ke jantung maka bisa menyebabkan pasokan oksigen ,zat zat makanan dan zat lainnya yang berguna bagi tubuh akan menjadi terhambat.Padahal kita tahu bahwa oksigen merupakan bagian penting,bahkan sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia.Tanpa oksigen yang mengalir ke otak maka akan segera otak akan mati dan bisa menyebabkan terjadinya kematian.

Penyumbatan atau penyempitan terjadi karena adanya suatu plak yang menempel pada pembuluh arteri koroner  darah.Pada awalnya plak yang menempel mungkin kecil tapi lama kelamaan akan membesar dan dapat menyumbat arteri koroner tersebut.

Bagi kita yang sudah tau tentang bahaya jantung koroner tentu sebisa mungkin kita akan menghindari apa saja penyebab resiko yang dapat menyebabkan terjadinya jantung koroner.Namun bagi yang belum tau ,dibawah ini akan saya jelaskan beberapa  apa saja yang menyebabkan  terjadinya jantung koroner :

Faktor Resiko Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner
ilustrasi gambar

 Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner

 1.Kebiasaan merokok 

Merokok merupakan aktifitas yang bukan hanya digemari bagi kaum pria,namun sekarang sudah banyak wanita yang terbiasa mengisap rokok.Tentu ini sangat tidak baik,karena pasalnya merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh arteri koroner karena zat kimia di dalamnya.Selain itu di bungkus rokok juga sudah tertulis dengan jelas bahaya dari kebiasaan merokok.Namun,banyak orang yang tidak perduli dengan semuanya itu,entah karena memang sudah kecanduan atau apa,yang pasti ini tidak baik bagi kesehatan,apalagi bagi wanita yang juga sedang mengalami hamil,sangat sangat tidak dianjurkan untuk tidak menghisap rokok.

2.Terjadinya kegemukan atau obesiatas

Hampir 50 persen dari terjadinya jantung koroner adalah dari faktor obesitas.Pada orang dengan badan yang gemuk maka kebutuhan akan oksigen dalam tubuh sangat tinggi,selain itu banyak lemak yang ikut menumpyk pada arteri koroner darah yang dapat menyumbat darah.Tentu keadaan ini sangat tidak baik.Alangkah baiknya yang terlalu mengalami obesitas imbangi dengan kegiatan olahraga agar pasokan oksigen ke seluruh tubuh lancar dan kerja jantung semakin ringan.

3.Suka mengkonsumsi minuman beralkohol

Bagi yang suka dengan minum minuman keras yang berabu alkohol sebaiknya hindari saja atau dikurangi intensitasnya jika anda tidak ingin suatu saat mengalami yang namanya penyakit jantung koroner.

4.Faktor genetik dari keturunan

Faktor ini juga cukup mempengaruhi ,walaupun tidak signifikan faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab terjadinya sakit jantung koroner

5.Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi memang sangat membahayakan kesehatan tidak hanya dapat menimbulkan penyakit strook,tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.Hal ini terjadi karena saat terjadi tekanan darah tinggi maka kerja jantung semakin berat dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

6.Penyakit ginjal akut

Penyakit ginjal akut yang dialami seseorang dapat juga berimbas pada terjadinya sakit jantung koroner.INi karena saat ginjal mengalami gangguan maka darah yang seharusnya telah bersih disaring di ginjal namun saat ginjal mengalami ganmgguan maka darah yang disaring masih kotor dan menyisakan benda benda asing yang bisa mengendap dalam aliran darah arteri koroner.

7.Suka mengkonsumsi makanan yang berkolestrol jahat

Hmmmmmmm,,,,ini ni yang sangat sulit untuk dihindari,kebanyakan makanan yang enak enak pasti mengandung minyak dan kolestrol jahat.Padahal jika anda terlalu sering dalam mengkonsumsi makanan tersebut maka lama kelamaan akan menumpuk dalam darah dan dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.Sebaiknya kurangilah makan makanan yang demikian.Walaupun di lidah terasa sangat enak namun efeknya dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan jantung kita.



Bagaimana masih mau lanjut merokok .....kalau sya pribadi memang dari dulu gak suka merokok..dan alhamdulilah jantung ane sehat....Semua tergantung Anda ,,,salam sehat ya kawan..... Share

baca juga pantai sigandu batang 



/[ 0 komentar Untuk Artikel Faktor Resiko Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner]\

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...