7 Cara Alami Dan Ampuh Mengatasi Sakit Gata Pada Tenggorokan

|| || || Leave a komentar
Sakit gatal pada tenggorokan sering di alami dikala musin yang tidak menentu seperti ini.Cuaca dingin bisa menimbulkan alergi gatal,debu juga bisa,bahkan makan makanan yang kita makan pun ikut andil dalam membuat tenggorokan kita menjadi gatal gatal.Jika kejadiannya sudah seperti itu maka salah satu solusinya adalah dengan mengetahui cara yang tepat untuk mengobati sakit tenggorokannya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk pengobatannya dari mulai minum obat yang beli di apotik maupun pengobatan alami yang bisa dilakukan sediri di rumah.Berikut ini saya sajikan cara yang cukup ampuh yang bisa dicoba jika tenggorokan Anda gatal gatal dan mungkin tak kunjung sembuh dan sangat mengganggu.Cara yang saya berikan ini merupakan cara alami dan dirangkum dari berbagai sumber yang bisa dipercaya
 Mengatasi Sakit Gatal Pada Tenggorokan
by : www.hipwee.com

Mengatasi Gatal Tenggorokan Dengan cara Alami

Cara alami mungkin adalah  alternatif yang bisa Anda coba dirumah karena mungkin tidak terbiasa meminum obat dari apotik ataupun dari dokter.Cara di bawah ini cukup ampuh jika dipraktekkan.

1.Konsumsi Madu

Madu memang sangat baik untuk mengobati iritasi yang terjadi pada tenggorokan,Selain itu madu dapat melembabkan tenggorokan yang kering .Namun ada aturan dalam meminumnya,
  • Madu yang diminum lebih baik adalah madu murni yang biasanya diternakkan oleh petrernak lokal.Bukan madu yang sudah bermerek merek terkenal.
  • Minumlah rutin pagi dan malam hari 1 sendok makan saja
  • Jika perut alergi terhadap madu murni,dalam penyajiannya bisa ditambahkan kedalam minuman teh.
  • Untuk anak dibawah 12 bulan tidak di anjurkan untuk meminum madu karena ada zat yang bisa membahayakan nyawa bayi .
2.Berkumur kumur dengan air garam

Menambahkan garam kedalam 1 gelas air hangat kemudian gunakan campuran tersebut untuk diminum dapat membantu mengurangi lendir penyebab gatal dalam tenggorokan Anda.Ulangi kumuran 3-4 kali sampai tenggorokan menjadi sedikit berkurang rasa gatalnya.

3.Membuat campuran dari bahan bahan ini (Teh Madu Lemon Jahe )

Buatlah teh panas 1 gelas ditambahkan dengan madu murni 2 sendok makan.Tambahkan lagi perasan jeruk lemon dan juga irisan jahe aduk hingga rata.Gunakan ramuan ini untuk diminum beberapa kali dalam sehari maka tenggorokan gatal akan sembuh jika rutin dalam meminumnya.

4.Minum susu campur dengan kunyit

Cara penyajiannya adalah dengan mendidihkan susu ditambahkan dengan irisan kunyit.Tunggu sampai dingin kemudian diminum .Lakukan rutin setiap malam sebelum tidur sampai rasa gatal pada tenggorokan anda menghilang.

5.Mengkonsumsi cuka apel.

Cuka apel sangat baik untuk meredakn gatal pada tenggorokan.Cara membuat ramuannya yaitu dengan cara menambahkan 1sendok makan  cuka apel pada  200 ml air panas .Jika ingin rasanya lebih enak ramuannya bisa ditambahkan sedikit madu.Lakukan pagi dan malam sampai tenggorokan gatal Anda menjadi reda.

6.Banyak minum air putih

Kalau pengalaman saya saat sedang mengalami tenggorokan gatal ,cara yang paling saya suka adalah dengan meminum air hangat sampai agak panas sedikit.Saya meminum sampai 3 gelas sekali minum dan di lanjut siang hari terus malam juga.Dan hasilnya besoknya gatal tenggorokan menjadi berkurang.Minum banyak air putih bisa membuat tenggorokan menjadi lembab dan tidak kering ataupun batuk batuk.

7.Membuat campuran jeruk nipis ditambahkan kecap manis

Campuran antara perasan jeruk nipis ditambahkan 1 sendok makan kecap manis mempunyai manfaat untuk mengurangi batuk batuk juga gatal gatal pada tenggorokan.Jeruk nipis bisa didapatkan mudah dipasar begitu pula kecapnya.Jadi tak ada alasan untuk mencoba ramuan dari kecap dan jeruk nipis ini di rumah.



Bagaimana mudah bukan caranya?yang terpenting untuk mengobati sakit atau gatal tenggorokan adalah kurangi makanan es dan juga gorengan.Karena kedua makanan ini sangat berefek menurut saya karena dapat menjadikan tenggorokan gatal sulit sembuhnya.Dan sekali lagi salam sehat buat Anda.
/[ 0 komentar Untuk Artikel 7 Cara Alami Dan Ampuh Mengatasi Sakit Gata Pada Tenggorokan]\

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...